Organisasi PP-TLS Krisis Kreativitas

Organisasi PP-TLS Krisis Kreativitas

KERINCI, JAMBI - Tokoh Pemuda Tigo luhah semurup, Andi Andalas sangat menyayangkan keberadaan organisasi persatuan pemuda tigo luhah Semurup (PP-TLS),  tidak begitu berperan aktif didalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Padahal ada banyak hal berkenaan dengan kegiatan sosial dan kreatifitas pemuda yang bisa dilakukan oleh PP-TLS.

Andi andalas yang juga merupakan Presidium Majelis Peduli Adat Sakti Alam Kunci (PASAK) menilai, bahwa Organisasi PP-TLS Krisis kreatifitas. 

"Keberadaan pemuda mestinya dapat tumbuh lebih gemilang dan penuh semangat dalam berinspirasi serta berkreasi. PP-TLS merupakan bagian elemen lembaga Adat yang disebut bungkan yang empat. Kaum Adat, Alim ulama, cendikia dan pemuda, " kata penyiar radio Andalas tersebut.

Dijelaskannya, generasi muda merupakan penerus cita - cita luhur para leluhur yang sudah mengarah mengajun dengan Meninggalkan Adat dan pasko jati yang diwariskan. Hal ini menurut Andi tidak boleh putus, sesuai seloka Adat "patah tumbuh hilang baganti, hilang tuo baganti Mudo.

"Rami tapian dek urang Mudo, iluk negeri dek urang tuo, urang tuo pununggu dusun, kalu dio hidup tempat butanyo kalu dio mati tempat basumpah, junjung hidup tahan panjat junjung bah tahan titi, " beber Andi Ansalas.

Kiasan ini, kata Andi, dapat diartikan, negeri diramaikan dan di sibukkan dengan kegiatan kepemudaan yang penuh dengan kreativitas  dan hal - hal yang positif. Pemuda bisa membuat kegiatan pengajian Adat, pengajian syarak, pencak silat, tari tarian budaya dan sebagainya. Kita kaya akan banyak hal, tapi kita juga butuh sosok mentor yang tegas dan mempunyai jiwa luhur dan bisa memberikan spirit.

Adapun sebaliknya dengan orang tua yang bisa memberi contoh dan saran yang baik kepada generasi muda.

"Pemuda adalah harapan bangsa, Pemuda mesti bisa menjawab dan memenuhi keinginan luhur para orang terdahulu "Rebah kayu aro jelatang bangkit, Hilang cincin timbul permato, jelatang adalah tumbuhan yang berbisa, Permata lebih bernilai tinggi dengan kilauan yang memukau, " ungkap Andi.

Tokoh muda yang penuh ketegasan ini menambahkan, Organisasi pemuda tidak sekedar tempat untuk menempa diri dengan kreatifitas, pemuda juga bisa menjadi cambuk bagi organisasi atau lembaga sosial masyarakat lainnya yang saat ini sedang stagnan dan jalan ditempat.

"Lembaga Adat TLS tidak bergerak, pemuda harus mendorong itu, pemuda juga sebagai ulu balang tabing negeri. Bila secara jelas terlihat adanya kesenjangan sosial ditengah masyarakat tidak perlu sungkan untuk memberikan kritik dan saran demi kemajuan negeri, " bebernya lagi.

"Salah disapo benar di diri, tidak perlu sungkan dan memandang, Rajo Adil Rajo di sembah, Rajo dalil Rajo di sanggah" tegasnya

Andi Andalas berharap organisasi PP-TLS bisa menjadi Pioneer yang bisa memberikan contoh, semangat dalam berkreasi dan memberikan dampak sosial kemasyarakatan yang baik bagi karang taruna yang ada di dua wilayah kecamatan ini.

"Sudah saatnya pemuda harus bangkit, jangan lemah, pemuda harus kuat dan memberikan kontribusi yang baik untuk negeri ini, " tutupnya.(sony)

KERINCI JAMBI
soniyoner

soniyoner

Previous Article

Ini Dia Orang yang Lecehkan Depati 4 Alam...

Next Article

Dua Pelaku Penembakan Warga Semerap Kerinci...

Related Posts

Peringkat

Profle

Nanang Suryana

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 123

Postingan Tahun ini: 123

Registered: Sep 22, 2020

Eko Prasetyo

Eko Prasetyo verified

Postingan Bulan ini: 63

Postingan Tahun ini: 63

Registered: Dec 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 55

Postingan Tahun ini: 55

Registered: Sep 22, 2020

Amalia

Amalia

Postingan Bulan ini: 51

Postingan Tahun ini: 51

Registered: Sep 22, 2020

Profle

Amry Pasaribu

Terkonfirmasi, 331 Kasus Positif Covid-19 di Toraja Utara dan 16 Meninggal Dunia
Dua Pasien Positif Covid-19 di Luwu Timur Meninggal Dunia
Bupati Jeje wiradinata Klarifikasi Terkait Opini di Medsos bahwa Bupati Menantang Masyarakat
Kedok Permainan Dugaan Penipuan Oknum Karyawan PT. Equityworld Futures Cabang Manado Mulai Terkuak

Follow Us

Recommended Posts

Aliansi Mahagana Universitas Jambi, Salur Donasi Korban Kebakaran
Batanghari, Pembelajaran Tatap Muka Dibatalkan
Permudah Pendataan Nakes Penerima Vaksin, Pemerintah Sediakan Akses Chatbot WA
Tony Rosyid: Anda Siap Divaksin?
Beradu Kambing, Truk Fuso vs Avanza Dijalan Lintas Batanghari, Begini Kronologisnya