Pentingnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dan Guru di Era Globalisasi

Pentingnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dan Guru di Era Globalisasi
Foto; Tejja Ari Putma 

OPINI - Memasuki abad ke-20 lahirnya era Globalisasi ditandai dengan perkembangan teknologi yang berkembang pesat. Era globalisasi telah membuat perubahan yang signifikan dengan semakin berkembangnya zaman semakin pesat pula perkembangan manusia yang ingin menuju masa modern dan mengkikuti perkembangan zaman. Di Era Globalisasi ini tanpa disadari sudah mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia.

Seiring arus Globalisasi tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yan cepat menyebabkan peranan teknologi yang sangat penting. Perlu kita ketahui Dalam sejarah Ilmu pengatahuan ketika manusia belum menggunakan ilmu pengetahuan sekitar 600 tahun SM, dimana mistik mendominasi kehidupan manusia, maka diperkirakan memanfaatkan angin sebagai media transmisi untuk berkomunikasi. Di era Globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih sangat memudahkan manusia untuk berpikir secara modern.

Era Globalisai membawa pengaruh perubahan global yang melanda di seluruh dunia. Dampak yang terjadi sangatlah besar di semua aspek kehidupan seperti ekonomi, sosial, pendidikan, dan budaya hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang membuat revolusi dunia yang terjadi yaitu yang sering kita sebutkan dengan Revolusi industri 4.0 di mana zaman ini dikatakan juga dengan zaman digital yang membuat perkembangan informasi secara global. Untuk itu di era Glabalisasi ini menuntut untuk berpikir secara maju, serta menjadi pribadi yang kreatif  serta inovatif. Kompetensi di era globalisasi ini sangat luar biasa sehingga mengharuskan kita menjadi bintang cemerlang di tempat yang gelap.

Di Era Globalisasi seperti yang kita rasakan pada saat ini mutlak ditunutu untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan agar dapat bersaing. Persaingan  dalam berbagai aspek kehidupan di era globalisasi tidak dapat di elakkan lagi. Salah satunya adalah aspek pendidikan. Di jaman Globalisasi banyak hal dituntut untuk lebih maju agar mampu bersaing  dengan dunia luar di dalam aspek pendidikan lah mampu menciptakan generasi penerus untuk ditanamkan edukasi yang terkait dengan era Globalisasi generasi terbeut diharapkan  dapat membawa bangsa indonesia kususnya  pada masa kejayaan sehingga membuat indonesia mampu bersaing dengan dunia luar.

Di era Globalisasi ini Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, pendidikan harus terus menerus diperbaiki baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Adanya pendidikan dasar 9 tahun menunjukkan bahwa pemerintah berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. PP. No.28/1990 tentang Pendidikan Dasar mengemukakan bahwa pendidikan dasar bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat manusia, serta mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidika.

Seiring dengan berjalannya waktu dan pembangunan di bidang pendidikan, peranan perguruan tinggi sangat penting untuk menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam menerapkan, mengembangkan atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian

Di bidang pendidikan kususnya memiliki unsur yang sangat penting untuk mencetak generasi penerus yaitu Guru dan Siswa ini merupakan dua unsur yang saling berkaitan untuk itu di era globalisasi ini Guru maupun siswa harus berpikir secara global, kreatif maupun inovatif. Berpikir secara kreatif adalah berpikir dengan melihat sesuatu secara rasional dengan menghasilkan ide-ide. Untuk itu perlu nya Guru dan Siswa mendisaign proses pembelajaran dengan kreatif. Yang mana sebelum era globalisasi pada saat ini proses pembelajaran yang kita alami terjadi secara menoton sehingga tidak dapat membuat generasi penerus menjadi generasi yang berkualitas.

Untuk itu bertepatan dengan era Globalisasi ini seiring berkembangnya teknologi dan komunikasi yang secara cepat sehingga membuat revolusi di bidang pendidikan. Tentunya sebagai tulang punggung pendidikan di era globalisasi ini Guru harus meningkatkan kualitas diri sebagai pengajar dan pendidik karena pesatnya kemjuan ilmu pengatahuan dan teknologi di era Globalisasi.

Tentunya semakin besar peran guru  untuk mendidik siswa agar menjadi sumber daya (SDM) yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Guru juga tidak boleh gagap teknologi, artinya guru harus  mempelajari dan memanfaatkan  teknologi dengan baik sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran sebalinya dengan siswa Sekolah Menengah kususnya dengan hadirnya era Globalisasi ini tidak dapat dipungkiri setiap siswa mempunyai gadget masing-maasing namun kebanyakan banyak yang disalahgunakan oleh siswa untuk dengan Gedget sudah menjadi kebutuhan primer siswa siswa harus berpikir secara kreatif seperti dengan mencari materi pembelajaran yang akan dipelajari ataupun untuk mengulang apa saja materi yang sudah dipelajari dengan hadir Teknologi semakin canggih siswa juga harus berpikir secara modern secara umum dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Peran Guru di era Globalisasi ini dengan hadirnya teknologi secara modern pada saat ini bagaimana guru harus memanfaatkan teknologi sebagai proses pembeljaran yang menarik hal ini yang dikatakan pentingnya berpikir kreatif, untuk itu dengan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran seperti guru harus mampu mendisaign perencanaan pembelajaran yang menarik dan tidak menoton sehingga siswa tidak merasa bosan dalam proses pembelajaran.

Pemanfaatan teknologi, peran Guru dalam memunculkan ide-ide untuk membuat proses pembelajaran yang menarik Guru harus harus memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran bagaimana guru mendisaign proses pembelajaran yang menarik dan tidak menoton seperti Guru membuat media pembelajaran PowerPoint, Media Audio Visual, dan media-media lainnya.

Perlu diketahui tujuan media dalam pembelajaran adalah untuk membuat siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dan dengan media siswa akan lebih paham apa yang dijelaskan guru untuk itulah perlunya guru dan Siswa berpikir secara kreatif dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang.

Oleh : Tejja Ari Putma 
Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNP

KERINCI JAMBI
Soniyoner

Soniyoner

Previous Article

Jambi Dukung Program Bio Carbon

Next Article

Bupati, Wabup dan Sekda Kerinci Pantau Pelaksanaan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 264

Postingan Tahun ini: 859

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 202

Postingan Tahun ini: 2120

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 199

Postingan Tahun ini: 2093

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 151

Postingan Tahun ini: 375

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Kajari  Batanghari Bersama Kacabjari Batanghari Musnahkan 9 Barang Bukti
Enam Anggota Dewan Dapil V Ini Dinilai Tidak Bernyali Terkait Jembatan Tanjung Pauh
Walikota dan Wakil walikota Sungai Penuh Ikuti Arahan Panglima TNI dan Kapolri Terkait Penanganan Covid-19
Zulfa Fadhil Ingin ASN Batanghari Pakai Seragam Batik Dari Pemenang Lomba Desain Batik 2021
Sekda Batanghari Secara Resmi Buka Grand Final Lomba Desain Motif dan Literasi Batik